ARTI EKSPLORASI , ELABORASI , DAN KONFORMASI DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) , DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

EKSPLORASI , ELABORASI , DAN KONFORMASI DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) ,
DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
EKSPLORASI, ELABORASI, DAN KONFIRMASI merupakan 3 istilah yang saat ini sedang
“ngetrend” dikalangan para guru. Kala dihadapkan pada pertanyaan ; “Apa sih pengertian dari
ketiga istilah tersebut dan bagaimana penerapannya dalam kegiatan pembelajaran ?”, ternyata
banyak para guru yang belum memahaminya.

Nah … , Saya memberi solusinya ketiga istilah tersebut,

Berikut adalah hasil ;

A. Definisi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ketiga istilah tersebut bermakna sebagai berikut:

1. Eksplorasi adalah kegiatan untuk memperoleh pengalaman-pengalaman baru dari situasi
yang baru.

2. Elaborasi adalah penggarapan secara tekun dan cermat.

3. Konfrimasi adalah pembenaran, penegasan, dan pengesahan

B. Aplikasi ketiga istilah tersebut dalam rancangan dan proses pembelajaran

Pengaplikasian ketiga istilah tersebut dalam rancangan dan proses pembelajaran adalah
sebagai berikut ;

1. Eksplorasi :

Dalam kegiatan eksplorasi, guru melibatkan peserta didik dalam mencari dan menghimpun
informasi, menggunakan media untuk memperkaya pengalaman mengelola informasi,
memfasilitasi peserta didik berinteraksi sehingga peserta didik aktif, medorong peserta didik
mengamati berbagai gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan dengan gejala pada
peristiwa lain, mengamati objek di lapangan dan labolatorium.

Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus ekplorasi adalah

Peserta didik :

- menggali informasi dengan membaca, berdikusi, atau percobaan

- mengumpulkan dan mengolah data

Guru :

- menggunakan berbagai pendekatan dan media

- memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta
didik dengan sumber belajar

- melibatkan peserta didik secara aktif

2. Elaborasi

Dalarn kegiatan elaborasi, guru mendorong peserta didik membaca dan menuliskan hasil
eksplorasi, mendiskusikan, mendengar pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu,
menganalisis kekuatan atau kelemahan argumen, mendalami pengetahuan tentang sesuatu,
membangun kesepakatan melalui kegiatan kooperatif dan kolaborasi, membiasakan peserta
didik membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis, menyimpulkan bersama, dan
menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.

Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus elaborasi adalah

Peserta didik :
– melaporkan hasil eksplorasi secara lisan atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok

- menanggapi laporan atau pendapat teman

- mengajukan argumentasi dengan santun

Guru :

- memfasilitasi peserta didik untuk berpikir kritis, menganalisis, meemcahkan masalah,
bertindak tanpa rasa takut

- memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi

3. Konfirmasi :

Dalam kegiatan konfirmasi, guru memberikan umpan balik terhadap apa yang dihasilkan
peserta didik melalui pengalaman belajar, memberikan apresiasi terhadap kekuatan dan
kelemahan hasil belajar dengan menggunakan teori yang dikuasi guru , menambah informasi
yang seharusnya dikuasai peserta didik, mendorong peserta didik untuk menggunakan
pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang terpecaya untuk lebih menguatkan penguasaan
kompetensi belajar agar lebih bermakna. Setelah memeperoleh keyakinan, maka peserta didik
mengerjakan tugas-tugas untuk mengasilkan produk belajar yang kongkrit dan
kontekstual.Guru membantu peserta didik menyelesikan masalah dan menerapkan ilmu dalam
aktivitas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus konfirmasi

Peserta didik :
– melakukan refleksi terhadap pengalaman belajarnya

Guru :

- memberi umpan balik positif kepada peserta didik

- memberi konfirmasi melalui berbagai sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi

- berperan sebagai narasumber dan fasilitator

- memberi acuan agar peserta didik melakukan pengecekan hasil ekplorasi

- memberi motivasi kepada peserta didik

Selamat mencoba dan gunakan
aspirasi anda seluas mungkin
——————————————————————————————————————————————-

7 pemikiran pada “ARTI EKSPLORASI , ELABORASI , DAN KONFORMASI DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) , DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. apakah ada tugas-tugas guru yang memang lebih mengkhususkan kegiatan eksplortasi, elaborasi dan konpirmasikepada kegiatan pengajaran untuk pelajaran penjaskes yang memang harus disesuaikan dengan silabus..? mohon penjelasannya trima kasih.

    • banyak sekali, apalagi seorang guru dituntut mengajar 24 jam. terutama mengembangakan ICT dengan semua mapel, serta tugas presentasi kepada peserta didik yang sesuai dengan promes.

    • ketiganya dimasukan dalam indikator permasalahan, karena dalam teori bloom ketiga ranah tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa lepas, tinggal format apa yg kalian buat dalam penilaian

    • Mas Apan Al Ajis, untuk Pembelajaran Penjaorkes yang berkaitan dengan tes tulis ,otomatis berkaitan Kognis (pengamatan),sedangkan evalusai soal tes ,anda harus melihat prosentasi soal Aspek Psikomotor ,Aspek Kognitif, Aspek Afektif, baru anda bisa memasukkan . Elaborasi. tolong banyak membaca buku KTSP tentang Standar penilaian Permen 20 th 2007.

    • 3 ranah tersebut tidak lepas dari kegiatan apapun ,karena psychomotor, kognisi, dan afeksi adalah satu kesatuan. di PP_no.32-2013 tentang perubahan pp 19 tAHUN 2005

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s