JADWAL AQUATIC(RENANG) SEMESTER 2(GENAP)TH 2016

images

Jadwal aquatik semester genap(2)th2016

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

Liburan Murah ke Korea Selatan? Bisa Banget! Yuk Intip Caranya!

 

 

Blog_Mau-Liburan-Murah-ke-Korea-Selatan-Bisa-Banget-Yuk-Intip-Caranya_825x355px

Dara Intan aln

Sejak merebaknya Hallyu Waves di berbagai penjuru dunia, Korea Selatan pun menjadi salah satu destinasi tempat wisata favorit para pelancong dunia. Selain keindahan alamnya, negara dengan ibukota Seoul ini juga dikelilingi dengan objek wisata sejarah seperti kerajaan peninggalan dinasti Joseon.

Sayangnya, biaya liburan ke Korea yang tergolong cukup mahal menjadi kendala bagi kita untuk bisa berlibur ke Negeri Ginseng ini. Tapi Toppers yang pengen banget main ke Korea nggak perlu khawatir karena kali ini Toped akan memberikan beberapa tips liburan murah dan hemat ke Korea. Penasaran? Cedikot!

1. Rajin cek harga tiket, kalau ada tiket promo langsung beli aja

Berlibur kemana pun, tips yang satu ini harus kamu lakukan supaya kantong kamu tidak cepat kering, rajin-rajin cek harga tiket! Nggak susah kan Toppers, cukup dengan bermodalkan smartphone kamu dan paket internet, kamu bisa mengecek harga tiket kapan dan dimanapun.

Siapa tahu lagi hoki terus ketemu tiket murah, kan lumayan. Daripada kamu harus membeli tiket dengan harga normal. Mending uangnya kamu pakai untuk belanja ataupun makan di Korea.

paspor

2. Nggak mau kantong kosong abis pulang liburan? Backpacker-an aja!

Liburan bukan waktunya kamu untuk berada di zona nyaman dengan tinggal di hotel bintang lima. Kalau nggak mau nasib kamu luntang-lantung di Korea karena kehabisan uang, mending kamu berlibur ala-ala backpacker dengan menginap di hostel yang harganya sudah pasti jauh lebih murah daripada hotel. Selain lebih menghemat pengeluaran, tentunya kamu akan mendapatkan banyak pengalaman baru untuk dengan berlibur sebagai backpacker.

tips-liburan-hemat-ke-korea-selatan-liburan-ala-backpacker-825x495

3. Datang ke Mugunghwa Ho, biaya hidup lebih hemat

Di Korea kan serba mahal, biaya hidup juga pasti mahal! Eits belum tentu Toppers. Ternyata ada loh kota di negeri ginseng ini yang biaya hidupnya murah. Namanya Mugunghwa Ho. Kamu bisa menginap di sana dengan biaya yang lebih murah dari daerah lain. Tidak hanya biaya hidup yang murah, kota ini juga terkenal karena kecantikan bunga-bunganya. Jika berkunjung ke sana antara bulan Juli hingga Oktober, kamu akan melihat bunga-bunga bermekaran dengan cantik di sepanjang jalan di kota ini.

korea 2

 

4. Kalau ada tempat wisata yang gratis, kenapa harus bayar?

Untuk mengirit biaya pengeluaran, datanglah ke tempat-tempat wisata yang membebaskan biaya masuk seperti Namsan Seoul Tower. Walaupun masuknya gratis, bukan berarti menara setinggi 237 meter yang berada di Gunung Namsan nggak secantik tempat wisata lain yang biaya masuknya dibanderol dengan harga mahal. Justru Namsan Tower menjadi salah satu tempat romantis yang menjadi favorit para turis mancanegara. Dari puncak Namsan Tower, kamu bisa melihat pemandangan kota Seoul. Nggak cuma itu,kamu juga bisa melihat ribuan gembok cinta yang diabadikan oleh pasangan

5. Relaksasi sambil menginap di sauna ala Korea, why not? Murah lagi!

Toppers yang hobi nonton drama Korea pastinya pernah melihat para pemain drama tersebut beristirahat di Jjimbilbang dengan memakai baju berwarna cerah dan handuk lucu yang dibentuk bulat pada bagian telinga. Yup, sauna ala Korea ini memang menjadi salah satu tempat favorit masyarakat Korea untuk berileksasi. Bahkan ada yang sampai menginap di sana loh, Toppers.

Nah untuk kamu yang ingin menghemat pengeluaran selama di Korea, Jjimbilbang bisa dijadikan tempat menginap sementara. Selain menikmati sauna, kamu juga bisa menikmati fasilitas lain seperti restoran dan alat pijat, serta ngobrol dengan para pengunjung lain. Tapi Toped sarankan jangan menginap di sini lama-lama yah Toppers, cukup 1 hari saja kalau nggak mau badan kamu sakit-sakit karena tempat ini tidak menyediakan fasilitas tempat tidur. Jadi kamu harus siap-siap untuk tidur di lantai hehehe.

tips-liburan-hemat-ke-korea-selatan-menginap-di-sauna-ala-korea-825x479

6. Naik taksi di Korea? Jangan deh, mending naik transportasi masal

Jenis transportasi di Korea Selatan pun sangat beragam, mulai dari taksi, subway, bus hingga kereta api. Namun untuk jarak yang dekat, usahakan untuk tidak naik taksi kalau nggak mau nyesel. Sama halnya di Indonesia, tarif taksi di Korea juga jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan transportasi masal seperti bus dan subway. Bus dan subway di Korea sangat nyaman kok Toppers, pastinya kamu akan jarang mengalami yang namanya desak-desakan saat menggunakan dua jenis transportasi masal ini.

tips-liburan-hemat-ke-korea-selatan-naik-transportasi-masal-825x447

7. Hindari tempat makan yang ramai dikunjungi turis

Liburan ke Korea pastinya nggak lengkap kalau belum icip makanan khasnya seperti tteokbokki. Tapi hati-hati saat memilih tempat makan yah Toppers. Kalau nggak mau dompet kamu kering, sebaiknya hindari tempat makan yang ramai dikunjungi oleh turis mancanegara. Karena biasanya tempat makan yang ramai turis dipatok dengan harga yang lebih tinggi oleh penjualnya. Nah sebaiknya kamu ambil aman saja bertanya ke masyarakat setempat mengenai tempat makan yang murah atau makan di tempat yang ramai dikunjungi oleh penduduk asli Korea.

tips-liburan-hemat-ke-korea-selatan-hindari-tempat-yang-banyak-dikunjungi-turis-mancanegara-825x550

8. Mau belanja? Ke Myeongdong & Dongdaemun aja, surga belanjanya Korea

Mau belanja murah di Korea? Myeongdong tempatnya! Surga belanja yang sangat terkenal di Korea Selatan ini menjual berbagai produk fashion ala K-Pop sweater dan long cardigan yang banyak dipakai selebriti K-Pop seperti personil SNSD. Perhiasan khas Korea yang cute juga tersedia lengkap di sini, yang pastinya dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Selain Myeongdong, ada tempat belanja di Korea yang lebih murah nih Toppers. Namanya Dongdaemun. Kawasan ini dikelilingi oleh mall dan pusat industri fashion yang dijual dengan harga miring. Kamu bisa membeli celana, baju, sepatu, tas dan berbagai aksesoris fashion lainnya tanpa harus menguras semua isi dompet. Surga belanja yang satu ini bisa dikunjungi dari jam 8 pagi hingga 6 sore.

9. Cari teman orang Korea

Cara liburan hemat ke Korea berikutnya adalah dengan mencari teman asal Negeri Ginseng tersebut. Begitu banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjalin  pertemanan dengan orang Korea, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial. Kamu bisa bertanya seputar Korea kepadanya dan bisa minta tolong ia untuk menjadi tour guide kamu selama berada di Korea. Lebih bagus lagi kalau dikasih tumpangan tempat tinggal gratis yah Toppers hehehe :D

tips-liburan-hemat-ke-korea-selatan-cari-teman-orang-korea-825x619

Nah gimana Toppers, sudah siap untuk liburan hemat ke Korea dengan kesembilan tips di atas? Selamat berlibur yah. ( Elsy Dianda)

 

 

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

NILAI UAS SEMESTER(1) GANJIL PJOK TH 2015

reydiecha spp (@ree_ree21)  Twitter

NILAI UAS SEMESTER(1) GANJIL PJOK TH 2015

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

Persiapkan 3 Hal Ini untuk Memperoleh Pendidikan di Luar

archi

Aishah marfuah

 

Ada pepatah mengatakan kejarlah ilmu setinggi langit. Hal ini terbukti dengan cukup banyaknya para pelajar di Indonesia yang memiliki antusias tinggi untuk bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Menjadi suatu kebanggaan jika kita bisa memperoleh beasiswa dan berkesempatan mendapatkan ilmu baru di negeri orang.

Meneruskan pendidikan studi di luar negeri bukanlah persoalan yang cukup mudah. Kita dituntut harus memahami terlebih dahulu sistem pendidikan yang seperti apa di negara yang kita tuju. Setelah itu, barulah kita bergegas mempersiapkan segala sesuatunya yang perlu dan wajib kita siapkan jika sudah bulat tekad memutuskan sekolah atau kuliah di luar negeri.

Sebaiknya Anda persiapkan 3 berikut ini untuk mengeyam pendidikan di luar negeri:

1. Negara Tujuan

Ada baiknya kita memiliki banyak informasi tentang negara tujuan sebelum berangkat. Apa saja informasi yang perlu kita ketahui? Sederhana saja, seperti bahasa sehari-hari, mata uang, budaya setempat, kebiasaan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, saat sampai di negara tersebut, Anda tidak terlalu bingung karena setidaknya Anda sudah cukup mengetahui kehidupan di negara yang Anda tuju sebagai tempat menimba ilmu.

2. Pelajari Bahasa dan Budaya

Meski kita fasih berbahasa Inggris, belum tentu warga di sana juga fasih berbahasa Inggris. Kita membutuhkan bahasa setempat untuk bisa berkomunikasi dengan warga sekitar, bersosialisasi, dan kalau perlu beli kamus bahasa yang menjadi negara tujuan. Selain bahasa, kita pun perlu mempelajari dan memahami budaya di negara tujuan.

Tiap negara tentu memiliki budaya yang berbeda dengan Indonesia. Cari tahu mengenai budaya dan kebiasaan di negara tujuan akan membuat kita lebih siap menghadapi culture shock nantinya. Mempelajari bahasa dan budaya negara tujuan akan memberikan banyak manfaat tersendiri.

3. Nilai Tukar Mata Uang

Pembayaran uang kuliah, biaya pembelian buku, dan biaya hidup adalah hal penting lainnya yang harus menjadi pertimbangan dalam bersekolah ke luar negeri. Biaya-biaya ini menggunakan uang asing, sehingga kurs valuta asing yang mempengaruhi dana rupiah menjadi tidak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan.

 

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

NILAI AQUATIC(RENANG)GAYA DADA/BEBAS SEMESTER GANJIL/1 TH 2015/2016

 

images           gaya-renang-bebas-dan-gambarnya

PENKER UTS AQUATIC SMTR GANJIL (1)th 2015-2016

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

Denyut Jantung dan Nadi dalam olahraga

                                          Denyut Jantung dan Nadi

rere                                                       download

Jantung adalah organ vital dan merupakan pertahanan terakhir untuk hidup selain otak.  Denyut yang ada di jantung ini tidak bisa dikendalikan oleh manusia.

Berapa sebenarnya jumlah rata-rata denyut jantung yang normal ?
Denyut jantung adalah jumlah denyutan jantung per satuan waktu,

biasanya permenit direpresentasikan sebagai bpm (beats per minute).

Denyut jantung menyuplai oksigan bersih dari ventrikel/bilik kiri jantung keseluruh tubuh melalui pembuluh aorta.

 

Denyut jantung yang optimal untuk setiap individu berbeda-beda tergantung pada kapan waktu mengukur detak jantung tersebut

(saat istirahat atau setelah berolahraga).  Variasi dalam detak jantung sesuai dengan jumlah oksigen yang diperlukan oleh tubuh saat itu.
“Pada orang dewasa yang sehat, saat sedang istirahat maka denyut jantung yang normal adalah sekitar 60-100 denyut per menit (bpm).

Jika didapatkan denyut jantung yang lebih rendah saat sedang istirahat, pada umumnya menunjukkan fungsi jantung yang lebih efisien dan lebih baik kebugaran kardiovaskularnya,” ujar Edward R. Laskowski, M.D,

seorang physical medicine and rehabilitation specialist. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi jumlah denyut jantung seseorang, yaitu usia, aktivitas fisik atau tingkat kebugaran seseorang,  Waktu saat penghitungan, suhu udara disekitar, posisi tubuh  (berbaring atau berdiri), tingkat emosi, fluktuasi hormon,asupan kafein ,  merokok ,ukuran tubuh serta obat yang sedang dikonsumsi.

Denyut nadi adalah denyutan arteri dari gelombang darah yang mengalir melalui pembuluh darah sebagai akibat dari denyutan jantung

1.denyut nadi

3.denyut nadi

Setiap orang bisa mengukur denyut jantungnya sendiri tanpa perlu menggunakan stetoskop.   Untuk mengukur denyut jantung di rumah bisa dengan cara memeriksa denyut nadi.  Tempatkan jari telunjuk dan jari tengah pada pergelangan tangan atau tiga jari pada sisi leher.

Saat merasakan denyut nadi, lihatlah jam untuk mneghitung jumlah denyut selama 15 detik. Hasil yang didapatkan di kalikan empat, maka didapatkan jumlah denyut jantung Anda per menit.

Meskipun jumlah denyut bervariasi, tapi denyut yang terlalu tinggi atau rendah dapat menunjukkan adanya masalah yang mendasar. Konsultasikan ke dokter jika denyut Anda secara konsisten di atas 100 bpm (tachycardia) atau di bawah 60 bpm (Bradycardia), terutama jika disertai gejala lain seperti pusing, sesak napas atau sering pingsan.
Dengan melakukan tes sederhana tersebut, seseorang bisa mengetahui apakah denyut jantunya normal atau tidak. Hal ini juga berguna sebagai diagnosis awal ada atau tidaknya gangguan kardiovaskuler.

Pelaksanaan secara umum

Untuk mengukur denyut nadi di pergelangan tangan, tempatkan telunjuk dan jari tengah atas bawah pergelangan tangan secara berlawanan. Tekan datar dengan jari sampai Anda merasakan denyut nadi.

Untuk mengukur denyut nadi di leher, tempatkan telunjuk dan jari tengah di sisi jakun dengan lembut dan dalam hingga Anda menemukan area berongga.

Tekan perlahan sampai Anda menemukan denyut nadi.

Jangan memeriksa denyut nadi di kedua sisi leher pada saat yang sama.

Melakukan hal itu dapat memperlambat aliran darah ke kepala dan menyebabkan pingsan.  Obyek harus dalam posisi duduk atau berbaring.

Arteri leher pada beberapa orang sangat sensitif terhadap tekanan. Pingsan dapat memperlambat denyut jantung.

Cara Menghitung

Setelah Anda menemukan denyut nadi, hitung jumlah denyut selama 1 menit penuh. Atau hitung denyut selama 30 detik dan kalikan 2.

Biasanya, jumlah denyut jantung akan berbeda sesuai dengan aktivitas dan kondisi kesehatan. Untuk mendapatkan jumlah atau tingkat jantung yang normal, lakukan istirahat setidaknya selama 10 menit sebelum memeriksa denyut.

Pemeriksaan denyut jantung juga dapat dilakukan dengan alat  yaitu :

  1. Stethoscope Heart Rate
  2. Pulsa Meter
  3. ECG  atau electrocardiograph
  4. heart rate monitors

Penting Dilakukan

Mengukur denyut nadi dapat memberikan informasi penting tentang kesehatan Anda. Setiap perubahan dari denyut jantung normal Anda dapat menunjukkan kondisi medis. Dalam situasi darurat, denyut nadi dapat membantu menentukan apakah jantung pasien memompa.

Denyut nadi yang cepat bisa saja sinyal dari infeksi atau dehidrasi. Pengukuran denyut nadi memiliki kegunaan lain juga. Selama atau segera setelah olahraga, denyut nadi memberikan informasi tentang tingkat kebugaran dan kesehatan Anda.

Denyut Jantung Normal

Berikut ini denyut jantung normal pada manusia sesuai dengan usianya:

Bayi 0 – 1 bulan = 70 – 190 denyut per menit.

Bayi 1 – 11 bulan = 80 – 160 denyut per menit.

Anak-anak 1 – 2 tahun = 80 – 130 denyut per menit.

Anak-anak 3 – 4 tahun = 80 – 120 denyut per menit.

Anak-anak 5 – 6 tahun = 75 – 115 denyut per menit.

Anak-anak 7 – 9 tahun = 70 – 110 denyut per menit.

Anak-anak 10 tahun, lebih tua, dan orang dewasa (termasuk manula): 60 – 100 denyut per menit.

Atlet terlatih = 40 – 60 denyut per menit.

Sekarang cobalah hitung denyut nadi anda,Jika hasil perhitungan denyut jantung Anda kurang atau melebihi dari angka di atas, berarti ada masalah. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan tentang hal ini. Juga bahas mengenai tingkat jantung yang berada di bawah nilai normal (bradycardia).

Periksakan juga ke dokter jika Anda merasakan denyut nadi yang sangat tegas (bounding pulsa) yang berlangsung selama lebih dari beberapa menit. Biasanya ini juga menandakan adanya masalah dalam kesehatan Anda.

Sedangkan untuk denyut jantung yang sulit ditemukan bisa jadi berarti adanya penyumbatan dalam arteri. Sumbatan ini sering terjadi pada orang dengan diabetes atau aterosklerosis dari kolesterol tinggi.
     Denyut nadi dalam olahraga

Denyut Nadi Maksimal (Maximal Heart Rate)

Denyut nadi maksimal adalah maksimal denyut nadi yang dapat dilakukan pada saat melakukan aktivitas maksimal. Denyut Nadi Maksimal,dapat dikatakan sebagai batas kemampuan seseorang untuk melakukan aktifitas secara normal. Artinya Bila seseorang melakukan suatu aktifitas yang memacu jantung untuk berdenyut ,apabila melebihi angka DNMax sebaiknya segera istirahat,karena hal ini sangat berbahaya bagi jantung serta organ tubuh yang lain. Jika masih dipaksakan yang terjadi adalah kram jantung yang membuat serangan jantung.

Secara  tradisional untuk menentukan denyut nadi maksimal digunakan rumus 220-Usia.
Mengukur Denyut Nadi Maksimal

Rumus : 220 – Usia

Misal usia saya sekarang adalah 34 tahun, maka jumlah denyut nadi maksimal saya adalah

220 – 34 = 186

Denyut Jantung Maksimal (Maximum Heart Rate)

Berikut
ini pendapat para ahli tentang Denyut Jantung Maksimal.

Tanaka Formula
Rumus Tanaka untuk denyut jantung maksimum dikembangkan berdasarkan studi ribuan subjek tes, dapat digunakan untuk semua umur dan kelompok gender, dan dianggap lebih akurat daripada rumus klasik.

Maximum Heart Rate (beats/minute) = 208 – (0.7 x umur)

Dr Martha Gulati

Penelitian yang dilakukan oleh Gulati dkk. (2010) mengidentifikasi bahwa perhitungan berbasis tradisional laki-laki (220-umur) overestimates terhadap detak jantung maksimum untuk usia pada wanita. Mereka meneliti hubungan antara respon HR untuk latihan pengujian dan usia dengan 5437 perempuan. Ditemukan bahwa laju jantung puncak bagi perempuan = 206 – (0,88 x umur).

Londeree dan Moeschberger

Sebuah paper Londeree dan Moeschberger (1982) dari University of Missouri-Columbia menunjukkan bahwa MHR bervariasi sebagian besar dengan usia, tetapi hubungan ini tidak linear satu. Mereka menyarankan formula alternatif

MHR = 206,3 – (0,711 × umur)

Londeree dan Moeschberger (1982) memandang variabel lain untuk melihat apakah mereka memiliki efek pada MHR tersebut. Mereka menemukan bahwa baik jenis kelamin maupun ras bedanya tetapi mereka menemukan bahwa MHR itu terpengaruh oleh aktivitas dan tingkat kebugaran.

Penelitian Londeree dan Moeschberger telah menunjukkan bahwa MHR di treadmill secara konsisten 5 sampai 6 denyut lebih tinggi dari pada ergometer sepeda dan 2 sampai 3 ketukan tinggi pada ergometer dayung. Denyut jantung saat berenang jauh lebih rendah, sekitar 14 bpm, daripada treadmill berjalan.

Atlet elit dan individu cukup terlatih akan memiliki MHR 3 atau 4 ketukan lebih lambat dari individu yang menetap. Itu juga menemukan bahwa terlatih atas 50 tahun cenderung memiliki MHR lebih tinggi daripada yang rata-rata untuk usia mereka.

Miller

Sebuah paper yang dipaparkan  oleh Miller dkk (1993)  mengusulkan rumus berikut sebagai formula yang tepat untuk menghitung MHR

MHR = 217 – (0,85 x Umur)

Peneliti Amerika Serikat

Bukti dari peneliti Amerika Serikat, Jackson et al. (2007), mengidentifikasi rumus berikut sebagai lebih akurat mencerminkan hubungan antara usia dan detak jantung maksimum.

MHR = 206,9 – (0.67 x umur)

Peneliti Inggris

Penelitian oleh Whyte dkk. (2008) datang dengan dengan rumus berikut untuk memprediksi detak jantung maksimum pada atlet baik ketahanan dan anaerobik terlatih:

Atlet laki-laki – MHR = 202 – (0,55 x umur)

Atlet wanita – MHR = 216 – (1,09 x umur)

Miller, Londeree dan Moeschberger

Untuk menentukan detak jantung maksimum Anda, Anda bisa menggunakan berikut, yang menggabungkan formula Miller dengan penelitian dari Londeree dan Moeschberger.

Gunakan rumus Miller dari MHR = 217 – (0,85 × usia) untuk menghitung MHR

Kurangi 3 ketukan untuk atlet elit di bawah 30

Tambahkan 2 ketukan untuk 50 tahun atlet

Tambahkan 4 ketukan untuk 55 + tahun atlet

Gunakan nilai ini MHR untuk menjalankan pelatihan

Kurangi 3 ketukan untuk pelatihan dayung

Kurangi 5 ketukan untuk pelatihan sepeda

Para peneliti di University of Colorado memaparkan jawaban atas pertanyaan kuno tentang mengapa detak jantung maksimum ( maxHR ) menurun sesuai dengan usia . Penurunan maxHR tidak hanya membatasi kinerja  atlet  yang menua tetapi  juga  diakui sebagai dasar home nursing bagi orang tua. Ada kata bijak dalam bahasa jawa “ Wong tuwo wis wayahe istirahat,momong anak putu –artinya orang tua sudah saatnya mengurangi aktifitas untuk merawat/melihat anak dan cucu menjadi seperti atau bahkan lebih baik dari mereka”.

Kapasitas aerobik akan  menurun sesuai dengan usia . Kita tahu bahwa  grafik  tingkat detak jantung seseorang  menurun seiring bertambahnya usia . Orang tua dapatmelakukan 120 denyut per menit  akan sama dengan orang yang lebih muda dan melakukan 150 denyut per menit .

Sebuah disertasi dari Eric D. Larson , lulusan dari laboratorium Proenza di Departemen Fisiologi dan Biofisika , dijelaskan dalam artikel  yang menyatakan perlambatan HRMax dikarenakan  sel-sel alat pacu jantung (miosit sinoatrial=SAM ) pada tikus tua tidak secepat  SAM tikus muda,dan ini pun berlaku pada manusia.
Sementara itu, Proenza mencatat bahwa ” meskipun detak jantung maksimum turun untuk semua orang sama , terlepas dari kondisi fisik , orang dapat meningkatkan dan mempertahankan kapasitas aerobik mereka di segala usia dengan berolahraga . ”

Denyut Nadi Iatihan

Denyut nadi latihan adalah denyut nadi yang dihitung saat kita melakukan suatu aktifitas olahraga. Pengukuran dilakukan setelah menyelesaikan satu set latihan dan ini bisa memantau intensitas latihan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sebelum berolahraga, Anda Sebaiknya juga mengukur denyut nadi. Bila di atas 100, Sebaiknya Anda tidak berolahraga dulu. Kemudian, di tengah latihan inti, diukur lagi. Kalau melebihi zone latihan, Sebaiknya Anda mengurangi intensitas latihan. Misalnya, mengurangi kecepatan lari. “Sedangkan bila denyutnya di bawah zone latihan, berarti latihan yang Anda lakukan sia-sia. Anda cuma dapat capeknya.” Namun, pengukuran saat latihan ini hanya dapat dilakukan pada olahraga.

Intensitas latihan mengacu pada seberapa keras tubuh Anda bekerja selama aktivitas fisik . Biasanya , intensitas latihan digambarkan sebagai rendah, sedang , atau keras.

Respon tubuh Anda untuk latihan intensitas sedang biasanya mencakup :

– Denyut jantung lebih cepat
– bernapas lebih cepat
– merasa hangat
– Sedikit pembengkakan tangan dan kaki
– Ringan sampai sedang keringat
– Nyeri otot ringan selama satu atau dua hari setelah itu, jika Anda tidak

terbiasa dengan aktivitas fisik

-Mengukur intensitas latihan

Ada berbagai cara untuk mengukur intensitas latihan Anda untuk memastikan tubuh Anda mendapatkan hasil maksimal dari setiap latihan . Anda mungkin perlu mencoba beberapa latihan fisik  untuk mengetahui metode pengukuran intensitas latihan  yangcocok untuk anda . Tiga metode pengukuran yang berbeda meliputi:

a.Target denyut jantung.
b.tes bicara
c.Skala rating tenaga.

a.Target denyut jantung

Tubuh manusia memiliki sistem tersendiri untuk mengukur intensitas latihan yaitu jantung . Detak jantung akan meningkat secara proporsional dengan intensitas latihan yang kita lakukan .
Untuk aktivitas fisik dengan  intensitas sedang , Sasaran Heart Rate seseorang harus 50 sampai 70 %-nya dari DNMax . Tingkat maksimum ini didasarkan pada usia seseorang .

Rumus Penghitungan :

Denyut Nadi Aktivitas / Denyut Nadi Maksimal  x 100 %
Jaga detak jantung di bawah dari kisaran yang  dianjurkan jika Anda baru memulai olahraga teratur . Secara bertahap tingkatkan sehingga anda mencapai  intensitas latihan  yang baik/tepat dimana hal ini berarti kebugaran aerobic anda juga semakin membaik.Perlu diperhatikan pula selama periode pemanasan dan pendinginan,detak jantung kita juga berada dalam rentang yang dianjurkan(yaitu 60-100 bpm) .

saran medis

Jika Anda memiliki gangguan kesehatan, dan atau memiliki  kelebihan berat badan , berusia di atas 40 tahun atau  tidak/jarang  melakukan olahraga  dalam  waktu yang lama , pergilah ke dokter untuk medical check – up sebelum memulai program latihan baru . Beberapa obat dapat mengubah respon denyut jantung Anda untuk latihan , jadi pastikan Anda mendiskusikan obat yang kita pakai dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi latihan Anda.

 

 
Target heart rate chart

Age (years) Target range (50 – 70% of maxHR) Heart beats per minute
         20                                     100 – 140
         25                                     98 – 137
         30                                     95 – 133
         35                                     93 – 130
         40                                     90 – 126
         45                                     88 – 123
         50                                    85 – 119
         55                                    83 – 116
        60                                    80 – 112
        65                                    78 – 109

 

Cara Menghitung

1. Tempel dan tekankan (Jangan terlalu keras) tiga jari (telunjuk, tengah, manis)

salah satu tangan pada pergelangan tagan yang lain.

Temukan denyut nadi kita. Setelah itu, barulah kita mulai menghitung.
2, Hitunglah denyut nadi Selama 15 detik. Kemudian, hasilnya dikalikan 4.

Angka-angka Itu
– Denyut nadi normal: 60 – 100/menit
– Denyut nadi maksimal: 220 – umur
– Zone latihan (training zone; yaitu
tingkat intensitas dimana Anda bisa berolahraga): 70% – 85% dari denyut nadi maksimal

                Yang Mudah & Sulit DiuKur
Olahraga tipe 1 : tidak memerlukan ke-trampilan khusus dan denyut nadi mudah diukur Misalnya: jogging, lari, bersepeda
Olahraga tipe 2 : memerlukan ke-trampilan dan denyut nadi sulit diukur Misalnya: senam aerobik, berenang
Olahraga tipe 3 : olahraga permainan dan denyut nadi sangat sulit diukur. misalnya: tenis, basket, bulutangkis

tipe 1, seperti jogging atau lari. Setelah latihan, kembali denyut nadi diukur. Kalau sudah kembali ke denyut normal, berarti kita sudah boleh mandi.
Pengukuran denyut nadi ini dapat disetarakan dengan talk-test. Caranya mudah. Selama kita berjalan atau berlari, cobalah disambi ngobrol, Kalau terengah-engah, berarti kita sudah melewati zone latihan . Kurangi intensitasnya.
Jadi, jelas, bukan, betapa pentingnya pengukuran denyut nadi? Tujuannya apalagi kalau bukan untuk mengoptimalkan latihan .

b.tes bicara

Tes  bicara adalah cara yang sederhana  dalam melakukan pengukuran intensitas kebugaran fisik . Metode ini didasarkan pada pengamatan terhadap  tanda-tanda  yang timbul saat kita berolahraga sambil berbicara.

– Jika Anda dapat berbicara dan bernyanyi tanpa engah sama sekali, Anda

berolahraga pada tingkat yang rendah .
– Jika Anda nyaman dapat berbicara , tetapi tidak menyanyi , Anda melakukan

aktivitas intensitas sedang .
– Jika Anda tidak bisa mengatakan lebih dari beberapa kata tanpa terengah- engah ,artinya intensitas olahraga anda ini termasuk intensitas kuat .
c.Skala rating tenaga Pengusahaan
    Metode ini  didasarkan pada perubahan kondisi fisik tubuh  selama melakukan aktivitas fisik , termasuk peningkatan denyut jantung , peningkatan respirasi atau laju pernapasan , meningkat berkeringat , dan kelelahan otot .
kita bisa membuat suatu catatan kecil untuk melihat progress  kebugaran fisik serta intensitas olahraga yang kita lakukan.

 

Tabel skala rating tenaga dan tanda-tanda pada fisik

Level Exertion Physical signs
0 None None
1 Minimal None
2 Barely there Sensation of movement
3 Moderate Stronger sensation of movement
4 Somewhat hard Warmth or light sweating
5 Hard Sweating
6 Harder Moderate sweating
7 Very hard Moderate sweating, but can still talk
8 Extremely hard Heavy sweating, can’t talk
9 Maximum effort Very heavy sweating, can’t talk
10 Maximum effort Exhaustion

 

Namun perlu disadari bahwa tanda-tanda fisik setiap orang berbeda.Jadi akan lebih baik jika anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan instruktur.

Menyadari intensitas latihan Anda akan membantu Anda untuk memastikan bahwa Anda berolahraga pada intensitas yang tepat untuk mencapai kesehatan atau tujuan kebugaran . Untuk manfaat kesehatan yang maksimal , Anda harus berusaha untuk kegiatan intensitas sedang .

            tanda-tanda peringatan
Jika Anda mengalami salah satu gejala berikut , hentikan latihan dan mencari bantuan medis :
– sesak napas
– Masalah pernapasan seperti mengi atau batuk
– Nyeri dada
– Keringat yang berlebihan
– Pusing , pingsan
– Nyeri otot yang parah atau kram
– mual
– Sakit/nyeri yang  parah dalam otot atau sendi
– Kelelahan yang  Ekstrim dan lama setelah berolahraga

Denyut Nadi Istirahat (Resting Heart Rate)

Denyut nadi istirahat adalah denyut nadi yang diukur saat istirahat atau setelah melakukan aktivitas. Pengukuran denyut nadi ini dapat menggambarkan tingkat kesegaran jasmani seseorang.pengukuran ini dilakukan selama 10 sampai 15 detik.

Pada orang dewasa yang sehat, saat sedang istirahat maka denyut jantung yang normal adalah sekitar 60-100 denyut per menit (bpm). Jika didapatkan denyut jantung yang lebih rendah saat sedang istirahat, pada umumnya menunjukkan fungsi jantung yang lebih efisien dan lebih baik kebugaran kardiovaskularnya,” ujar Edward R. Laskowski, M.D, seorang physical medicine and rehabilitation specialist.

Denyut Nadi Pemulihan (Recovery Heart Rate)

Denyut nadi pemulihan adalah jumlah denyut nadi permenit yang diukur setelah istirahat 2 sampai 5 menit.pengukuran ini diperlukan untuk melihat seberapa cepat kemampuan tubuh seseorang melakukan pemulihan setelah melakukan aktivitas yang berat.

Denyut jantung seharusnya dibawah 120 sesudah 2 sampai 5 menit sesudah olahraga berhenti tergantung kepada tingkat kebugaran. Jika denyut jantungnya lebih tinggi, pendinginan yang tidak cukup atau tingkat kebugaran mungkin merupakan penyebabnya. Pemulihan denyut jantung yang lamban mungkin juga disebabkan oleh penyakit atau olahraga yang terlalu keras. Jika itu masalahnya, kurangilah intensitas olahraga untuk menyesuaikan denyut jantung. pemeriksaan denyut jantung pada akhir latihan aerobik seharusnya dibawah 100 bpm.

Pertama-tama yang perlu kita ketahui adalah denyut nadi normal kita. Hasilnya dapat diperoleh dengan menghitung denyut nadi saat bangun pagi, sebelum melakukan aktivitas apapun. Hasil ini juga sering disebut denyut nadi istirahat (resting heart rate). Agar diperoleh hasil yang akurat, Sebaiknya pengukuran dilakukan tiga hari berturut-turut. Kemudian, ambil rata-ratanya.

“Kalau denyutnya di atas 100, berarti ada sesuatu yang tidak beres. Mungkin kita sedang demam, sakit tenggorokan, akan haid, atau ada masalah lain.”

Sebelum berolahraga, sebaiknya juga mengukur denyut nadi. Bila di atas 100, Sebaiknya A tidak berolahraga dulu. Kemudian, di tengah latihan inti, diukur lagi. Kalau melebihi zone latihan, Sebaiknya mengurangi intensitas latihan. Misalnya, mengurangi kecepatan lari. “Sedangkan bila denyutnya di bawah zone latihan, berarti latihan yang kita lakukan sia-sia. Anda cuma dapat capeknya.” Namun, pengukuran saat latihan ini hanya dapat dilakukan pada olahraga

Demikian,ada baiknya kita menghitung denyut nadi kita setiap saat.Olahraga bukan siksaan,olahraga yang kita lakukan adalah untuk mencapai kebugaran fisik,dan menjaga kerja organ-organ tubuh bekerja dengan baik,segeralah hubungi dokter apabila menemukan kelainan dalam tubuh kita.

*Disarikan dari berbagai sumber

*Semoga bermanfaat

 

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

Inilah Desain Arsitek Dunia Rancang Sirkuit Sentul buat MotoGP 2017

desain-sirkuit-sentul_20151120_060540

Ini desain baru sirkuit Sentul yang didesain oleh Herman Tilke, seorang arsitek dunia.

Jorge Lorenzo

BOGOR – Sirkuit Internasional Sentul akan bersolek guna menjadi arena pertarungan para pebalap MotoGP pada musim 2017 mendatamg.

Tahap pertama pada awal Desember 2015, perombakan Sentul dimulai dari bangunan sekitar lintasan. Pada Januari,, seluruh gedung sudah rata dengan tanah.

Selanjutnya, pada April 2016, aspal akan dibongkar sedalam 5 cm dan diganti dengan aspal berkualitas tinggi.

“Jadi nanti limbah aspal yang dibongkar itu akan dipanaskan dan dicampur dengan aspal yang baru. Pengerjaan aspal kenapa di April, karena kalau sekarang Musim Hujan nanti hasilnya tidak akan maksimal,” kata Direktur Sirkuit Sentul Tinton Soeprapto, di kantor Dewan Pertimbangan Presiden, Kamis (19/11/2015) di Jakarta Pusat.

Tinton menjelaskan, Sirkuit Sentul hasil rancangan Tilke ini akan memiliki panjang lintasan dari 3,9 km menjadi 4,4 km, lebar 15 meter, dan memiliki 14 tikungan.

Di sekeliling sirkuit akan dibangun fasilitas pendukung lainnya.

“Pengerjaannya sampai berapa lama saya belum tahu, yang jelas MotoGP di Indonesia akan dimulai pada Oktober atau November 2017 sebelum Sepang. Tapi, sebelum itu akan ada uji coba dari pihak Dorna,” ucapnya.

Dalam membangun Sirkuit Sentul ini, pemerintah membutuhkan biaya Rp 200 miliar dan saat ini baru ada Rp 5 miliar.

Namun, menurut Tinton, uang Rp 200 miliar bisa tercapai dan diharapkan pihak lainnya bisa membantu agar penyelenggaraan balapan MotoGP 2017 di Indonesia berjalan dengan lancar.

 “Kata Menpora, uang Rp 5 miliar itu ibaratnya baru uang muka, sisanya akan didapat dari hasil bantuan sejumlah pihak terkait lainnya. Dengan Rp 200 miliar itu, kita selama tiga tahun tidak perlu melakukan perombakan lagi karena nilai itu sudah diperhitungkan sampai sejauh itu,” katanya.
Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar