WORKSHOP STANDAR PROSES

WORKSHOP PEMANTAPAN
STANDARD PROSES  DALAM MANAJEMEN ISO 9001:2000
SMP NEGERI SIDOARJO
DALAM MANAJEMEN ISO 9001:2000 SMP NEGERI

MELIPUTI
Perencanaan Proses Pembelajaran
Pelaksanaan Proses Pembelajaran
Penilaian Hasil Pembelajaran
Pengawasan Proses Pembelajaran
Perencanaan Proses Pembelajaran

No      Kegiatan Keterangan
1.          Program Tahunan Awal tahun pelajaran
2.         Program Semester Setiap awal semester
3.         Rencana Pekan Efektif Setiap awal semester
4.         KKM Awal tahun pelajaran
5.         Silabus Setiap awal semester
6.         RPP Setiap KD

Penilaian Hasil Pembelajaran

Dilakukan Oleh Guru Terhadap Hasil Pembelajaran
Untuk Mengukur Tingkat Pencapaian Peserta Didik
Sebagai Bahan Penyusunan Laporan Kemajuan
Hasil Belajar Memperbaiki Proses Pembelajaran
Dilakukan secara Konsisten, Sistematik, dan Terprogram
Menggunakan Tes dan Non Tes dalam Bentuk Tertulis atau
Lisan Pengamatan Kinerja, Pengukuran Sikap,
Penilaian Hasil Karya berupa Tugas,
Proyek atau Produk Portofolio dan Penilaian Diri
Penilaian Menggunakan Standar Penilaian Pendidikan
dan Panduan Penilaian Kelompok Mapel

Pengawasan Proses Pembelajaran

No       Kegiatan
1.          Pemantauan
A. Dilakukan pada Tahap Perencanaan, Pelaksanaan dan Penilaian Hasil                 Pembelajaran
B.  Dilakukan dengan cara Diskusi Kelompok Terfokus, Pengamatan,                         Pencatatan, Perekaman, Wawancara dan Dokumentasi
C. Dilaksanakan oleh Kepala dan Pengawas Satuan Pendidikan
2           Supervisi
A. Dilakukan padaTahapPerencanaan,Pelaksnaan, dan Penilaian Hasil                     Pembelajaran
B. Diselenggarakan dengan cara Pemberian Contoh, Diskusi, Pelatihan                  dan Konsultasi
C. Dilakukan Oleh Kepala dan Pengawas Satuan Pendidikan

Pengawasan Proses Pembelajaran

No.       Kegiatan
3           Evaluasi
A. Dilakukan untuk Menentukan Kualitas Pembelajaran Secara
Keseluruhan
B. Diselenggarakan dengan cara :
1. Membandingkan Proses Pembelajaran yang dilaku-
kan Guru dengan Standar Proses
2. Mengidentifikasi Kinerja Guru dalam Proses Pembe-
lajaran sesuai dengan Kompetensi Guru
3. Memusatkan pada Keseluruhan Kinerja Guru dalam Proses                                     Pembelajaran
4.     Pelaporan
Hasil Kegiatan Pemantauan, Supervisi dan Evaluasi Proses                                     Pembelajaran Dilaporkan Kepada Pemangk Kepentingan (stakeholders)
Pengawasan Proses Pembelajaran

No          Kegiatan
5.            Tindak Lanjut
A. Penguatan dan Penghargaan Diberikan Kepada Guru yang telah                            memenuhi Standar
B. Teguran yang Bersifat Mendidik diberikan kepada Guru yang Belum                    Memenuhi Standar
C. Guru Diberi Kesempatan untuk Mengikuti Pelatihan / Penataran                         Lebih Lanjut
ALUR PERENCANAAN STRATEGI ORGANISASI

1.  FORMULASI MISI

2. KAJI KINERJA MASA LALU

3. KAJI KONDISI LINGKUNGAN.      4. KAJI KONDISI ORGANISASI

5. FORMULASI VOYAGE PLAN

6. FORMULASI RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA PANJANG

7. FORMULASI RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH

8. FORMULASI RENCANA TAHUNAN

8. langkah dalam melakukan penyusunan program

perencanan strategi  organinsas

A. RENUNGKAN MISI

Apa saja yang menjadi tujuan dasar yang melatarbelakangi pendirian               organisasi? Misi menguraikan maksud keberadaan usaha. Demi                           kepentingan siapa, kehadiran organisasi di lapangan.

B. LENGKAPI DATA POSITION AUDIT

Apa yang sudah kita lakukan di masa lalu? Berada dimana organisasi ini          sekarang ? Cara-cara apa yang digumakan untuk mencapai tujuan

C. LAKUKAN ENVIRONMENTAL SCANNING
(Lakukan lingkungan membaca dengan cepat)      Peluang apa yang ada ? Ancaman seperti apa yang sedang dihadapi ?                Bagaimana dengan peluang dan ancaman di masa yang akan datang ?

D. LAKUKAN ORGANIZATIONAL DIAGNOSIS

Apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan kita bila dibandingkan dengan      negara lain ? Apa saja factor kunci keberhasilan dalam menjalankan                  organisasi ini ini ? Apa yang menjadi tantangan dan hambatan yang dapat      kita hadapi dalam mencapai tujuan yang kita inginkan ? Apa saja ukuran          kunci kinerja untuk mengukur keberhasilan kita dalam mengelola                      organisasi ini ?

E. RENUNGKAN VISI

Kondisi apa saja yang ingin diwujudkan dimasa yang akan datang ? Bila            diukur, ukuran kinerja kunci yang sudah ditetapkan pada tahap                            sebelumnya menunjukan nilai berapa saja ? Secara bertahap, repelita             demi repelita tonggak-tonggak apa yang dapat mengukur kemajuan upaya     organisasi mendekatkan ke kondisi yang diinginkan tersebut
F. LENGKAPI RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA PANJANG Dalam rangka mendekatkan kondisi usaha ke arah yang telah di tetapkan        sebelumnya, perubahan apa saja yang perlu diterapkan dalam repelita            yang pertama? Perubahan apa yang akan diusahakan ?

G. RUMUSKAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH Langkah-langkah besar apa saja yang dituntut dalam situasi yang sedang        ditelaah, repelita demi repelita, program, kegiatan, organisasi, dan                    manusia? Teknologi apa yang akan diusahakan?

H. RUMUSKAN KEGIATAN DAN PROGRAM TAHUNAN

secara rinci,langkah-langkah apa saja yang dituntut untuk dilaksanakan           dari tahun ke tahun, di program, kegiatan, organisasi, dan manusia?                 Khusus untuk  tahun pertama langkah-langkah tindakan apa saja yang               dibutuhkan? Prioritasnya? Nilai investasinya? Keuntungan apa saja yang          dapat membenarkan investasi tersebut? Kapan dapat memastikan bahwa        pelaksanaannya berjalan sesuai harapan?

Tentang alenmarlis

i am as education curriculum developers team
Pos ini dipublikasikan di WORKSHOP PEMANTAPAN STANDAR PROSES. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s