RANAH PSIKOMOTOR – KOGNISI – AFEKSI PENJASORKES

DETAIL DOMAIN/RANAH KOGNITIF
KEMAMPUAN MENGINGAT (KNOWLEDGE) >
HAL-HAL SPESIFIK (ISTILAH, NAMA, SIFAT, CONTOH, BAGIAN, KEJADIAN, DEFINISI, DLL) JALUR DAN ARTI HUBUNGAN (KONVENSI, KLASIFIKASI, KATEGORI, METODE, DLL)
UNIVERSALITAS (PRINSIP, TEORI, HUKUM)
BUKAN MENJADI SASARAN UTAMA  KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
KEMAMPUAN MEMAHAMI >
TRANSISI/PENERJEMAHAN (DEFINISI, MAKSUD, DLL)INTERPRETASI/PENAFSIRAN (HUBUNGAN, RELEVANSI, SUSUNAN SESUAI URUTAN, DLL)
JASTIFIKASI/PEMBENARAN (PROSEDUR, METODE, DLL)
KEMAMPUAN MENERAPKAN >
MENERAPKAN PRINSIP PADA SITUASI BARU

MENERAPKAN TEORI DALAM PRAKTIK

MENERAPKAN RUMUS UNTUK PEMECAHAN SOAL

MENYUSUN SKEMA/DIAGRAM

MENDEMONSTRASIKAN/MENUNJUKKAN PROSEDUR
KEMAMPUAN MENGANALISIS >
MENGANALISIS UNSUR-UNSUR (MENEMUKAN SESUATU YANG BELUM ADA DALAM SUATU INFOREMASI, MEMBEDAKAN SIMPULAN DAN FAKTA, DLL)

MENGANALISIS HUBUNGAN (MENEMUKAN SEBAB-AKIBAT, MEMBEDAKAN ALASAN YANG RELEVAN DAN YANG TAK RELEVAN, DLL)

MENGANALISIS PRINSIP YANG TERORGANISASI (MENEMUKAN BENTUK, FORMULA, POLA ATAU STRKTUR DARI SUATU HAL)
KEMAMPUAN MENYINTESIS >
MEMPRODUKSI SUATU KOMUNIKASI YANG UNIK (MEMBUAT RINGKASAN, MEMBUAT KARANGAN, IMAJINASI MASA DEPAN, DLL)

MENYUSUN SUATU RENCANA KEGIATAN

MENCARI DERIVAT SEPERANGKAT HUBUNGAN YANG ABSTRAK: MISAL MENYUSUN HIPOTESIS
KEMAMPUAN MENGEVALUASI >
MENILAI ATAS DASAR PERTIMBANGAN INTERNAL (MENILAI DARI SEGI KECEPATAN, KETEPATAN, KERAPIAN, KEAJEGAN/KONSISTENSI, KERASIONALAN, DLL DARI SUATU HAL)

MENILAI ATAS DASAR PWERTIMBANGAN EKSTERNAL (MENILAI DARI SEGI EFISIENSI, EFEKTIVITAS, NILAI EKONOMIS, NILAI PRAKTIS, NILAI TERAPANNYA DI MASYARAKAT, DLL)
DETAIL DOMAIN/RANAH AFEKTIF >
1. Kemampuan menerima (receiving) >
menunjukkan kesadaran tentang pentingnya belajar
* menunjukkan sensivitas terhadap problem
sosial (misalnya mau meminjami buku)* mendengarkan dengan perhatian penuh
* menerima perbedaan suku serta budaya
* melibatkan diri secara penuh terhadap aktivitas kelas
* mengontrol jawaban (tidak asal menjawab)
2. Kemampuan merespon (responding): >
mengikuti/menyetujui aturan yang berlaku
menghargai pendapat/kebijaksanaan
mau menyelesaikan tugas rumah ataupun tugas laboratorium
ikut suatu kegiatan secara sukarela (volunteer)
aktif dalam diskusi kelas
menyambut gembira keputusan yang diambil bersama
dengan tulus memuji karya/penampilan orang lain
3. Kemampuan menilai atau memaknakan (valuing): >
mendukung argumen orang lain
mendebat hal-hal yang tak relevan
mengajukan argumentasi atas jawaban yang diberikan
memprotes hal-hal yang tidak benar
menunjukkan tanggung jawabnya terhadap pembaharuan sosial/masyarakat
menunjukkan sikap mau memecahkan masalah
menunjukkan perhatian yang besar terhadap kesejahteraan sesamanya
4. Kemampuan mengorganisasi (organizing):>
a. Konsepsualisasi nilai
* membandingkan dengan suatu standar (misalnya
kesopanan, kebersihan, kepantasan, kerapihan)
* menghargai kebutuhan yang seimbang antara
kebebasan dan tanggung jawab
* menghargai peran perencanaan yang
sistematik dalam pemecahan masalah
* mengakui kelebihan dan kelemahan diri
b. Organisasi sistem nilai
* menyusun kriteria/aturan
* menyusun rencana sesuai dengan minat,
tanggungjawab, serta keyakinannya
5. Karakterisasi nilai, misalnya >
dinilai baik oleh teman-teman, guru, ataupun anggota kelompoknya
menghindari konflik
menentang tindakan yang boros
mengatasi akibat yang tak dikehendaki
menunjukkan kepercayaan diri dalam kerja individual
menggunakan pendekatan obyektif dalam memecahkan masalah
menunjukkan disiplin dan produktivitas yang tinggi
mampu bekerjasama dalam kerja kelompok
memelihara cara hidup yang sehat
menunjukkan kesadaran yang tinggi
DETAIL DOMAIN/RANAH PSIKOMOTOR
MENURUT SIMPSON >
PERSEPSI (KEMAMPUAN MENANGKAP STIMULUS, MENERIMA ISYARAT, DAN MENTRANSLASIKAN KE DALAM AKSI), MISALNYA:
DAPAT MENUNJUKKAN ADANYA GANGGUAN MESIN BERDASARKAN SUARA YANG TERDENGAR

MEMADUKAN GERAK LANGKAH DENGAN SUARA MUSIK
2. KESIAPAN UNTUK BERPERAN
AKTIF, MISALNYA:
MENGUASAI URUTAN LANGKAH KEGIATAN

MENDEMONSTRASIKAN POSISI YANG BENAR

3. RESPONS TERPANDU, MISALNYA:
MENIRUKAN GERAKAN SESUAI INSTRUKSI/ KRITERIA YANG TELAH DITETAPKAN

MENDEMONSTRASIKAN CARA MERAWAT GIGI
4. MEKANISME,MISALNYA:>
MENDEMONSTRASIKAN CARA MENCARI BAYANGAN BENDA MENGGUNAKAN MIKROSKOP

MENDEMONSTRASIKAN CARA MENGGUNAKAN SLIDE PROJECTOR

MENDEMONTRASIKAN CARA MELUKIS
5. RESPON YANG KOMPLEKS, MISALNYA:
MENDEMONSTRASIKAN CARA MENGGERGAJI KAYU MEMAKAI GERGAJI MESIN

MENDEMONSTRASIKAN CARA MENGEMUDI KENDARAAN
6. ADAPTASI, MISALNYA: >
MENDEMONSTRASIKAN CARA MENGENDARI MOBIL MENGHINDARI RINTANGAN

MENDEMONSTRASIKAN CARA BERENANG PADA DAERAH PUSARAN AIR
7. ORIGINASI, MISALNYA: >
MENDEMONSTRASIKAN CIPTAAN GERAK TARIAN YANG BARU

MENCIPTAKAN MODE PAKIAN BARU

Tentang alenmarlis

i am as education curriculum developers team
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s