Kapan Facebook Hadir di Indonesia?

KOMPAS.com – Keputusan Facebook membuka dua kantor pemasaran di Singapura dan Hong Kong menyisakan satu pertanyaan: Kapan perusahaan milik Mark Zuckerberg ini akan membuka kantor perwakilan di Indonesia?

Berdasarkan data statistik yang dirilis CheckFacebook.com, Rabu (9/2/2011), Indonesia adalah pengguna Facebook terbesar kedua dunia dengan total pengguna mencapai 35 juta. Negara berpenduduk 230 juta orang ini hanya kalah dari Amerika Serikat yang jumlah pengguna Facebook-nya hampir 150 juta.

Situs web yang setiap hari meng-update jumlah pengguna Facebook ini bahkan mencatat populasi pengguna Facebook Tanah Air mencapai seratus persen. Artinya, semua pengguna Internet di Indonesia memiliki akun Facebook.

Dengan jumlah sebanyak itu, komunitas Facebooker Indonesia merajai kawasan Asia. Singapura yang menjadi tempat pertama kantor pemasaran di Asia hanya memiliki 2 juta pengguna Facebook. Sedangkan pengguna Facebook di Hong Kong hanya mencapai 3,7 juta orang.

Pertumbuhan Facebook selama dua tahun terakhir juga sangat besar. Seperti dikutip blog Nick Burcher, dalam dua tahun terakhir (2008-2010), pengguna Facebook di Indonesia tumbuh delapan ribu persen lebih (8223,2%). Bila pada bulan September 2008 jumlahnya hanya 322 ribu pengguna, pada September 2010, angka tersebut naik menjadi 26,8 juta pengguna.

Melihat begitu besarnya pengguna Facebook di Indonesia, kenapa Facebook belum juga membuka kantor di Indonesia? Di antara raksasa internet baru Yahoo! yang sudah mengembangkan sayap bisnisnya dengan membuka kantor perwakilan di Indonesia. Google sejauh ini juga belum membuka perwakilan di Indonesia meski sudah menjalin kerja sama untuk mendistribusikan produknya dengan perusahaan mitranya di Tanah Air.

Iklan

Tentang alenmarlis

i am as education curriculum developers team
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s