Legenda Belanda Ruud Gullit Berlabuh di Chechnya


Nama besar pemain berambut gimbal asal Suriname, Ruud Gullit, rupanya masih mampu menyihir para fans sepak bola. Apalagi sepak bola di Chechnya, negara yang selama ini lebih dikenal sebagai kawasan penuh konflik dengan Rusia.

Gullit diketahui menandatangani kontrak melatih Terek Grozny selama 18 bulan. Walau belum melakukan apa pun, Ruud Gullit sudah dianggap pahlawan. Ruud Gullit tiba di ibukota Chechnya, Grozny, pada Rabu (09/02) dan disambut sangat antusias oleh para penggemar.

Tim ini dimiliki oleh Presiden Chechnya yang kontroversial, Ramzan Kadirov. Toh, Gullit menekankan, ia ada di sana untuk olahraga. “Saya ke sini untuk sepak bola, bukan politik,” katanya seperti dikutip Radio Nederland Worldwide.

Gullit yang pahlawan saat Belanda meraih Piala Eropa 1988 bersama Marco van Basten dan Frank Rijkaard merasa antusias dengan pekerjaan barunya: “Saya sudah pernah bekerja sama dengan pemain Terek. Mereka pemain bagus, saya yakin akan dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.”

Sebagai pemain Gullit sudah malang melintang di jagad sepak bola. Ia memulai karir di HFC Haarlem, sebelum pindah ke Feyenoord dan PSV Eindhoven. Di sini karirnya melesat dan klub beken AC Milan merekrutnya. Setelah dari Milan, Gullit sempat merumput di Sampdoria dan Chelsea sebelum akhirnya gantung sepatu.

Sementara sebagai pelatih, Gullit sempat mencicipi melatih anak-anak Chelsea, Newcastle United, dan Feyenoord. Namun karier kepelatihannya tak sebaik karier pemainnya. Sebelum berlabuh di Grozny, Gullit menangani Los Angeles Galaxy.

Iklan

Tentang alenmarlis

i am as education curriculum developers team
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s