Empat Belas Manfaat Tomat bagi Kesehatan



Manfaat tomat atau Lycopercisum Esculentum, sangat berguna untuk menunjang gaya hidup sehat secara alami.

Berbagai konsumsi makanan dan minuman yang banyak beredar di pasaran belum tentu berdampak positif bagi tubuh Anda. Konsumsi tomat adalah pilihan bijak untuk menjaga kebugaran dan kestabilan tubuh.

Back to nature adalah gaya hidup yang menjadi tren saat ini di masyarakat perkotaan. Jajanan makanan dan minuman mudah ditemui. Kandungan zat kimia yang berlebihan, dalam waktu yang lama akan terendap dalam tubuh. Hal ini akan sangat merugikan kesehatan Anda.

Berikut ini 14 kedahsyatan manfaat tomat bagi kesehatan tubuh manusia.

Pertama. Dalam 100 gram buah tomat, memiliki 11 mg kalsium, 27 mg fosfor, 360 mg kalium, 6 mg besi, 23 mg vitamin C, 0, 56 mg thiamine, 20 mg kalori, 1 gram protein, 1000 UI vitamin A, dan vitamin K.

Kedua. Tomat mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang berguna untuk keseimbangan kesehatan tubuh dan mengobati beragam penyakit. Di antaranya : Mencegah penggumpalan darah, mengatasi kelelahan, dan meningkatkan kuantitas sperma pria.

Ketiga. Sebagian masyarakat Perancis menjuluki tomat sebagai apel cinta. Karena diyakini mampu mengobati lemah syahwat.

Keempat. Penelitian Dr. John Cook Bennet dari Willoughby University di Ohio pada November 1834, menyimpulkan tomat berfungsi untuk menyembuhkan penyakit gangguan pencernaan, diare, penyakit empedu, memulihkan fungsi liver, dan mampu mencegah kolera.

120 tahun kemudian, ilmuwan Yumi Tohuoko dalam The Tohoku Journal of Experimental Medicine, terbitan Tohoku University, Jepang, mendukung Bennet. Secara klinis, tomat terbukti efektif menyeimbangkan gangguan fungsi lever.

Kelima. Pusat Penelitian Pertanian AS, telah berhasil mengembangkan tomat dengan kandungan antioksidan lycopene tiga kali lebih banyak dari tomat normal. Tomat jenis ini tidak mudah busuk dan berkualitas. Usaha ini terus dikembangkan untuk mengatasi penyakit kanker pada manusia.

Keenam. Mengkonsumsi tomat selama dua kali dalam seminggu, membantu meminimalisir resiko kanker prostat, dengan persentase 21 sampai 43%.

Ketujuh. Kandungan tomatine dalam tomat memiliki khasiat anti-radang, karotine dan vitamin C berguna sebagai antioksidan, dan asam sitrat pada tomat mampu mengangkat lemak dan kotoran pada wajah.

Kedelapan. Konsumsi tomat dengan teratur, mampu merawat kulit dari dalam tubuh. Khususnya mengatasi kerutan halus pada wajah akibat bertambahnya usia.

Kesembilan. Kandungan antioksidan lycopene pada tomat atau pasta tomat mampu mengurangi resiko kerutan wajah, bintik hitam akibat sinar matahari, mengatasi penyakit kanker, dan jantung. Selain sebagai senjata ampuh atasi radikal bebas yang merusak kesehatan kulit, lycopene dapat meningkat 4 kali lipat jika tomat dimasak dengan baik.

Kesepuluh. Gunakan tomat yang telah masak sebagai obat jerawat. Potong tomat menjadi beberapa bagian, lalu gosok secara perlahan pada wajah berjerawat Anda. Sebuah hasil testimoni, jerawat akan hilang setelah dilakukan setelah setiap hari selama satu bulan.

Kesebelas. Tomat kaya garam mineral yang merangsang aliran air liur. Mineral ini berguna untuk merangsang nafsu makan sekaligus membuat makanan mudah dicerna tubuh.

Kedua belas. Ramuan tomat bisa menyembuhkan keseleo. Hancurkan tomat dengan blender lalu campur dengan wijen. Panaskan hingga berminyak, dan gunakan minyak itu untuk memijat sendi yang keseleo.

Ketiga belas. Panaskan daging dan biji tomat, lalu simpan di atas bisul Anda. Bisul akan cepat pecah dan sembuh.

Keempat belas. Kandungan beta carotene dalam tomat, dapat meningkatkan kesehatan mata kita.

Mari mengganti gaya hidup dengan konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan alami. Cobalah nikmati manfaat tomat mulai dari sekarang!

Tentang alenmarlis

i am as education curriculum developers team
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s