PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL BANYAK DILUPAKAN GURU

KOMPONEN UTAMA CTL BANYAK DILUPAKAN OLEH GURU KARENA BANYAK SEKOLAH MULAI DARI KBK, SSN KTSP SAMPAI YANG MELEJIT RSBI / SBI.
Guru di iming-iming sekolahnya bisa jadi RSBI, ada Sister School, ada pembelajaran Australi sampai tetek bengek. SSN aja belum tuntas ,kalau pemerintah mau jujur dan ingin memajujkan pendidikan sesuai UU no.20 th 20003. Para pimpinan sekolah takut kalau dipindah bila tidak loyal.
Apaun bentuknya draf SSN, KTSP, Sampai RSBI / SBI , guru wajib pakem pembelajaran berbasis kontekstual wajib dipakai dan diterapkan.

* KONTRUKTIVISME (CONTRUCTIVISM)
* BERTANYA (QUESTIONING)
* MENEMUKAN (INQUIRY)
* MASYARAKAT BELAJAR (LEARNING COMMUNITY)
* PERMODELAN (MODELLING)
* REFLEKSI (REFLECTION)
* AUTHENTIC (ASSESSMENT)

CONSTRUCTIVISME (membangun) :
Dalam pembelajaran harus dikemas menjadi proses “mengkonstrusi” bukan “menerima” pengetahuan.
Dalam konstruktivisme “strategi memperoleh” lebih diutamakan dobanding “seberapa banyak siswa memperoleh pengetahuan”

QUESTIONING (BERTANYA) :
Pengetahuan seseorang selalu bermula dari “bertanya”. Bertanya dipandang sebagai kegiatan guru untuk mendorong, membimbing, dan menilai kemampuan berpikir siswa.
Kegiatan bertanya : menggali, mengecek, membangkitkan respon, dan menyegarkan kembali pengetahuan siswa.

INQUIRY (MENEMUKAN) :

OBSERVASI (OBSERVATION)
BERTANYA (QUESTIONING)
MENGAJUKAN DUGAAN (HIPOTESIS)
PENGUMPULAN DATA (DATA GATHERING)
KESIMPULAN (CONCLUSION)
Dalam pembelajaran CTL seyogyanya siswa menemukan sendiri, bukan sekedar mengingat fakta.

LEARNING COMMUNITY (masyarakat belajar) :
Konsep learning community menyaran-kan agar hasil pembelajaran diperoleh dari bekerja-sama dengan orang lain.

Wujud dalam praktek pembelajaran antara lain : pembentukan kelompok, mendatangkan “ahli”, bekerja dengan kelas paralell, dan bekerja dengan masyarakat.

MODELING (PERMODELAN) :
Dalam pendekatan CTL, model dapat dirancang dengan me-libatkan siswa.
Model juga dapat didatangkan dari luar negeri (mis. Pem-belajaran bahasa Inggris)
Guru memberikan contoh “bagaimana cara belajar yang efektif”

MODELING (PERMODELAN) :
GURU OR MEMBERI CONTOH BERENANG GAYA KUPU-KUPU
GURU PPKN MENDATANGKAN SEORANG VETERAN KEMERDEKAAN DI KELAS
GURU BIOLOGI MENDEMONTRASIKAN PENGGUNAAN TERMOMETER
GURU BAHASA INDONESIA MENUNJUKKAN TEKS BERITA HARIAN KOMPAS (MODEL BERITA)
GURU KERAJINAN MENDATANGKAN MODEL TUKANG KAYU DI KELAS, SISWA MENIRUNYA
GURU BK MENDATANGKAN DOKTER PUSKESMAS UNTUK MENDEMONTRASIKAN PPPK

REFLEKSI (REFLECTION) :
Refleksi adalah cara berpikir ke belakang tentang apa-apa yang sudah dilakukan di masa yang lalu.
Refleksi merupakan respon terhadap kejadian, aktivitas, atau pengetahuan yang beru diterima.

REALISASI REFLEKSI (REFLECTION) :
PERNYATAAN LANGSUNG TENTANG APA YANG DIPEROLEH PADA HARI INI.
CATATAN ATAU JURNAL DI BUKU SISWA
KESAN DAN SARAN SISWA MENGENAI PEMBELAJARAN HARI ITU
DISKUSI
HASIL KARYA

KUNCI REFLEKSI ADALAH BAGAIMANA PENGETAHUAN TERSEBUT MENGENDAP DI BENAK SISWA

AUTHENTIC ASSESSMENT :
Authentic Assessment adalah proses pengumpulan berbagai data yang dapat memberikan gambaran perkembangan siswa

Data yang dikumpulkan melalui kegiatan penilaian BUKANLAH untuk mencari informasi tentang belajar siswa

AUTHENTIC ASSESSMENT :
Dalam pembelajaran seyogyanya ditekankan pada upaya membantu siswa agar mampu mempelajari (learning how to learn) bukan ditekankan pada diperolehnya sebanyak mungkin materi

Penilaian ditekankan pada proses bukan hasil, sehingga penilaian dilakukan pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar.

AUTHENTIC ASSESSMENT
Dalam authentic assessment yang ingin dijawab “APAKAH ANAK-ANAK BELAJAR?” bukan “ APA YANG SUDAH DIPELAJARI?”
Guru sangat berperan besar dalam mengembangkan authentic assessment.

Tentang alenmarlis

i am as education curriculum developers team
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s