7 Makanan yang Bisa Redakan Kram Perut dalam Sekejap

pisang

Saat perut kram, mual, diare, mustahil kita dapat mengerjakan aktivitas sehari-hari. Tapi makanan tertentu sebenarnya dapat membantu menenangkan perut, lho. Seperti misalnya buah tropis atau nasi.

Berikut ini, ada beberapa makanan yang mungkin bisa menolong Anda dikala perut sedang sakit, seperti dikutip Shape,

1. Pisang

Ada alasan pisang direkomendasikan untuk pelari maraton. Buah ini ternyata mudah dicerna dan umumnya tidak mengganggu perut. Pisang ini terkenal karena mengandung pektin, yang membantu melancarkan buang air besar secara alami.

2. Pepaya

Buah yang mudah didapatkan ini juga membantu membantu masalah pencernaan dan sembelit. Enzim papain dan chymopapain didalamnya membantu memecah protein dan menenangkan perut.

3. Nasi

Ketika perut tidak keruan, Anda bisa makan nasi, roti, atau kentang rebus. Makanan ini dipercaya dapat meredakan stres dan membantu sistem pencernaan yang sudah sensitif. Sumber karbohidrat ini juga dapat membantu meringankan diare.

4. Jahe

Sejumlah penelitian menemukan, jahe efek bekerja sebagai anti-mual dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi jahe, batas yang direkomendasikan adalah 4 gram jahe setiap hari.

5. Apel

Seperti pisang, apel merupakan sumber yang baik dari pektin, yang membantu untuk mengurangi gejala diare.

6. Teh hangat

Selain menenangkan, secangkir teh hangat termasuk peppermint dan chamomile telah diteliti dapat meredakan nyeri perut.

Sebuah studi terbaru menunjukkan, peppermint dapat mengaktifkan saluran antipain di usus besar. Selain mengurangi gejala yang berhubungan dengan Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau agangguan usus, peppermint juga dapat meredakan mual. Penelitian kecil juga menunjukkan chamomile dapat meredakan sakit perut.

7. Yoghurt

Kebanyakan susu cenderung dapat memperparah sakit perut, tapi satu porsi yoghurt plain ternyata memiliki efek sebaliknya. Kuncinya adalah untuk memastikan label active culturespada kemasan. Kandungan ini akan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus Anda, membantu masalah pencernaan dan mengurangi kembung.

Tentang alenmarlis

i am as education curriculum developers team
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s