Selain Air Putih, 4 Minuman Ini Juga Sehat

Drs.Alen marlis 2 rere                                                      082295300_1410771307-green_tea

Tak perlu ditanya lagi manfaat air putih bagi tubuh. Berbagai studi telah membuktikan air putih membantu menurunkan berat badan, membuang racun, menghindari aneka penyakit hingga mendongkrak suasana hati.

Namun, jika hanya mengonsumsi air putih, kandungan manfaat sehat dalam minuman lain tidak didapat seperti diungkap ahli nutrisi dan fisiolog olahraga asal New York, Felicia Stoler.

“Maksudnya begini, minum air putih itu baik untuk semua orang. Namun air putih itu tidak mengandung antioksidan, fitonutrien, dan nutrisi spesifik lain,” papar Stone.

Ini artinya, menambahkan minuman lain dalam menu yang kita konsumsi membantu tubuh mendapatkan nutrisi. Berikut empat jenis minuman lain yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar seperti dikutip laman Prevention,

1. Teh hijau

050881700_1438403810-herbal-1

Teh hijau dianggap pilihan terbaik untuk membantu Anda tampil awet muda. Teh hijau diketahui memiliki nutrisi dan mineral yang berperan sebagai antioksidan, yang membantu menjaga kulit mulus dan sehat.

Teh jenis ini memberikan aneka manfaat penting bila dikonsumsi seperti menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi, membuat gula darah stabil, dan mengganggu kerja sel kanker.

Beberapa penelitian juga sebut teh hijau bisa membantu kinerja otak lebih baik. Sebuah studi tunjukkan teh ini membantu memblokir pembentukan plak pada saraf yang menyebabkan Alzheimer serta membuat aktivitas di daerah otak yang bertanggung jawab untuk memori.

054504100_1436938226-minuman-6

Mengonsumsi air kelapa muda akan menetralisir racun dan menguatkan sistem imun serta mampu meredakan rasa mual saat perjalanan.

Terjadi lonjakan penjualan air kelapa di Amerika Serikat dari tahun 2007 ke 2009, dari $4 juta menjadi $20 juta. Banyak yang menyebut hal ini disebabkan aneka penelitian menunjukkan minuman ini mampu menghidrasi tubuh terutama setelah berolahraga. Salah satunya dalam studi Medicine & Science in Sports & Exercise yang menyebut, air kelapa lebih baik dari air.

Air kelapa memang sumber natrium, kalium, dan magnesium. Lalu, dapat menghidrasi seklagus memulihkan otot pascaolahraga.
“Saya sarankan membeli air kepala yang tanpa pemanis atau tambahan buah lainnya,” tambah Stoler.

3. Susu

060626900_1437279580-makanan-3

Produk susu juga kaya protein, yang ketika dipecah dalam perut Anda, menimbulkan hidrogen sulfida dan metil merkaptan pemicu bau busuk.

Kebaikan susu hingga kini masih menjadi kontroversi. Ada para ahli gizi ungkap susu memberikan manfaat menurunkan berat badan dan mencegah kanker, namun ada juga yang ungkap susu berkontribusi terhadap obesitas, kekurangan kalsiu, dan kanker.
Namun banyak studi yang ungkap manfaat sehat dari susu. Salah satunya dari University of Kansas Medical Center. Disebutkan susu meningkatkan kadar glutathione di otak sehingga antioksidan meningkat yang bisa melawan radikal bebas.

4. Bir

Bagi yang diperkenankan minum bir, tak ada salahnya mengetahui manfaat minuman ini. Sebuah studi dalam jurnal PlOs One menemukan bir terkait penurunan penyakit Parkinson. Orang yang minum satu cangkir bir per hari menurunkan 59 persen risiko terkena penyakit neurodegeneratif.

Iklan

Tentang alenmarlis

i am as education curriculum developers team
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s