RANCANGAN PENILAIAN HASIL BELAJAR DALAM KEGIATAN PROES BELAJAR MENGAJAR

Mr.Alen MArlis

PENILAIAN

  • PENGERTIAN PENILAIAN
  • PENGERTIAN PENILAIAN KELAS
  • CIRI PENILAIAN KELAS
  • TEKNIK PENILAIAN
  • MANFAAT HASIL PENILAIAN
  • PENGERTIAN KETUNTASAN BELAJAR
  • PELAPORAN

PENGERTIAN PENILAIAN

PENILAIAN ADALAH PROSES SISTEMATIS  MELIPUTI PENGUMPULAN INFORMASI (ANGKA, DESKRIPSI VERBAL), ANALISIS, INTERPRETASI INFORMASI UNTUK MEMBUAT KEPUTUSAN.

PENILAIAN KELAS

Proses pengumpulan & penggunaan informasi oleh guru melalui sejumlah bukti untuk membuat keputusan tentang pencapaian hasil belajar/kompetensi siswa.

CIRI PENILAIAN KELAS

  1. BELAJAR TUNTAS
  2. OTENTIK
  3. BERKESINAMBUNGAN
  4. BERDASARKAN ACUAN KRITERIA / PATOKAN
  5. MENGGUNAKAN BERBAGAI CARA & ALAT PENILAIAN

1. Belajar Tuntas

  • Belajar Tuntas (mastery learning): peserta didik tidak diperkenankan mengerjakan pekerjaan berikutnya, sebelum mampu menyelesaikan pekerjaan dengan prosedur yang benar, dan hasil yang baik.
  • “Jika peserta didik dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuannya untuk beberapa mata pelajaran dan diajarkan sesuai dengan karakteristik mereka, maka sebagian besar dari mereka akan mencapai ketuntasan”.
  • (John B. Carrol, A Model of School Learning).
  • Guru harus mempertimbangkan antara waktu yang diperlukan berdasarkan karakteristik peserta didik dan waktu yang tersedia di bawah kontrol guru (John B. Carrol)
  • “Peserta didik yang belajar lambat perlu waktu lebih lama untuk materi yang sama, mereka dapat berhasil jika kompetensi awal mereka terdiagnosis secara benar dan mereka diajar dengan metode dan materi yang berurutan, mulai dari tingkat kompetensi awal mereka”
  • 2. Penilaian Otentik
  • Memandang penilaian dan pembelajaran secara terpadu
  • Mencerminkan masalah dunia nyata bukan dunia sekolah
  • Menggunakan berbagai cara dan kriteria
  • Holistik (kompetensi utuh merefleksikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap,)
  • 3. Berkesinambungan
  • Memantau proses, kemajuan, dan   perbaikan hasil terus menerus dalam bentuk Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, dan Ulangan Kenaikan Kelas.
    • Ulangan Harian : selesai satu atau beberapa Indikator atau satu Kompetensi Dasar. (tertulis, observasi, penugasan, atau lainnya)
    • Ulangan Tengah Semester : selesai beberapa Kompetensi Dasar
    • Ulangan Akhir Semester : selesai semua Kompetensi Dasar pada semester yang bersangkutan.
    • Ulangan Kenaikan Kelas : selesai semua Kompetensi Dasar pada semester ganjil dan genap, dengan penekanan pada kompetensi dasar semester genap
    • 4. Acuan kriteria/patokan
    • Prestasi kemampuan peserta didik TIDAK DIBANDINGKAN dengan peserta kelompok, tetapi dengan kemampuan yang dimiliki sebelumnya dan patokan yang ditetapkan
    • 5. Berbagai cara & alat penilaian
    • Mengembangkan dan menyediakan sistem pencatatan yang bervariasi
    • Menggunakan penilaian yang bervariasi: Tertulis, Lisan, Produk, Portofolio, Unjuk Kerja, Proyek, Pengamatan, dan Penilaian Diri
  • TEKNIK /CARA PENILAIAN
  • Unjuk Kerja (Performance)
  • Penugasan (Proyek/Project)
  • Hasil kerja (Produk/Product)
  • Tertulis (Paper & Pen)
  • Portofolio (Portfolio)
  • Sikap
  • Diri
  • UNJUK KERJA (PERFORMANCE):
  •   Pengamatan terhadap aktivitas siswa sebagaimana terjadi (Unjuk kerja, Tingkah laku, interaksi).
    • PROYEK:

    Penilaian terhadap suatu tugas penyelidikan yang harus selesai dalam waktu tertentu.

    • HASIL KERJA (PRODUK):
      Penilaian terhadap kemampuan membuat produk teknologi dan seni.
    • TERTULIS:
    •    Memilih dan mensuplai jawaban.
      • PORTOFOLIO:

      Penilaian yang sistematis melalui koleksi karya (hasil kerja) siswa.

      • SIKAP:

      Penilaian terhadap perilaku dan keyakinan siswa terhadap obyek sikap.

      • DIRI:

      Menilai diri sendiri berkaitan dengan status, proses, tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya.

    • MANFAAT HASIL PENILAIAN
    • REMEDIAL
    • PENGAYAAN
    • PERBAIKAN PROGRAM & KEGIATAN.
    • KAPAN  ?
      • REMEDIAL

      DILAKUKAN BILA NILAI INDIKATOR KURANG DARI NILAI KRITERIA KETUNTASAN BELAJAR

      • PENGAYAAN

      DILAKUKAN BILA TUNTAS LEBIH CEPAT

      • PERBAIKAN PROGRAM & KEGIATAN

      BILA TIDAK EFEKTIF

    • KETUNTASAN BELAJAR
      • PER INDIKATOR
      • KRITERIA: 0% – 100%
      • IDEAL: 75%
      • SEKOLAH MENETAPKAN SENDIRI DGN PERTIMBANGAN:

        KEMAMPUAN AKADEMIS SISWA,

          KOMPLEKSITAS INDIKATOR,

          DAYA DUKUNG : GURU, SARANA

      • TUNTAS: SKOR ≥ KRITERIA KETUNTASAN
      • TUNTAS INDIKATOR → KD → SK→ MAPEL

Tentang alenmarlis

i am as education curriculum developers team
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s