Persiapkan 3 Hal Ini untuk Memperoleh Pendidikan di Luar

archi

Aishah marfuah

 

Ada pepatah mengatakan kejarlah ilmu setinggi langit. Hal ini terbukti dengan cukup banyaknya para pelajar di Indonesia yang memiliki antusias tinggi untuk bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Menjadi suatu kebanggaan jika kita bisa memperoleh beasiswa dan berkesempatan mendapatkan ilmu baru di negeri orang.

Meneruskan pendidikan studi di luar negeri bukanlah persoalan yang cukup mudah. Kita dituntut harus memahami terlebih dahulu sistem pendidikan yang seperti apa di negara yang kita tuju. Setelah itu, barulah kita bergegas mempersiapkan segala sesuatunya yang perlu dan wajib kita siapkan jika sudah bulat tekad memutuskan sekolah atau kuliah di luar negeri.

Sebaiknya Anda persiapkan 3 berikut ini untuk mengeyam pendidikan di luar negeri:

1. Negara Tujuan

Ada baiknya kita memiliki banyak informasi tentang negara tujuan sebelum berangkat. Apa saja informasi yang perlu kita ketahui? Sederhana saja, seperti bahasa sehari-hari, mata uang, budaya setempat, kebiasaan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, saat sampai di negara tersebut, Anda tidak terlalu bingung karena setidaknya Anda sudah cukup mengetahui kehidupan di negara yang Anda tuju sebagai tempat menimba ilmu.

2. Pelajari Bahasa dan Budaya

Meski kita fasih berbahasa Inggris, belum tentu warga di sana juga fasih berbahasa Inggris. Kita membutuhkan bahasa setempat untuk bisa berkomunikasi dengan warga sekitar, bersosialisasi, dan kalau perlu beli kamus bahasa yang menjadi negara tujuan. Selain bahasa, kita pun perlu mempelajari dan memahami budaya di negara tujuan.

Tiap negara tentu memiliki budaya yang berbeda dengan Indonesia. Cari tahu mengenai budaya dan kebiasaan di negara tujuan akan membuat kita lebih siap menghadapi culture shock nantinya. Mempelajari bahasa dan budaya negara tujuan akan memberikan banyak manfaat tersendiri.

3. Nilai Tukar Mata Uang

Pembayaran uang kuliah, biaya pembelian buku, dan biaya hidup adalah hal penting lainnya yang harus menjadi pertimbangan dalam bersekolah ke luar negeri. Biaya-biaya ini menggunakan uang asing, sehingga kurs valuta asing yang mempengaruhi dana rupiah menjadi tidak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan.

 

Tentang alenmarlis

i am as education curriculum developers team
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s